Jumat, 04 Mei 2018

Resep Nastar Keju No Mixer

Resep Nastar Keju No Mixer - Bismillah. Lebaran hampa tanpa kue Nastar.. Siapa setuju angkat tangan? 😁😁😁🙌🙌🙌 Yuk yang gak punya mixer jangan berkecil hati.. Dengan modal alat garpu saja sudah bisa kok bikin kue nastar nan lembut dan renyah.. Vici Lucianti (MbuCie) Bahan-bahan 10 porsi
  1. Bah resep perkedel beton an selai:
  2. 1 buah Nanas, parut
  3. 5-6 sdm Gula pasir (atau sesuai selera)
  4. 1 bungkus Vanili bubuk
  5. 1/2 sdt Bubuk kayu manis
  6. Bahan kue:
  7. 225 gram Tepung terigu protein rendah
  8. 2 butir Kuning telur
  9. 100 gram Butter
  10. 100 gram Margarin
  11. 50 gram Tepung maizena
  12. 50 gram Gula halus
  13. 30 gram Susu bubuk full cream
  14. 25 gram Keju edam parut (oven ±5 menit)
  15. 25 gram Keju Cheddar parut (oven ±5 menit)
  16. 1/2 sdt Emulplex (perenyah kue - boleh di skip)
  17. 1 bungkus Vanili bubuk
  18. Bahan olesan:
  19. 1 butir Kuning telur
  20. 1 sdm Susu cair
  21. 1 sdt Madu
  22. 3 tetes Pewarna makanan orange
Langkah
  1. Cara membuat selai: ~ Masak nanas parut bersama gula dan bahan lainnya dalam wajan anti lengket. Aduk-aduk perlahan hingga mengental, harum, dan airnya benar benar habis/kering, namun jangan sampai gosong. Gunakan api sedang cenderung kecil. Selai harus benar-benar kering agar ketika dipanggang nanti adonan tidak meleber dan tidak mudah basi/berjamur. ~ Dinginkan selai, lalu pulung sedikit-sedikit dan buat bulat-bulatan isian selai dengan ukuran sesuai selera. Saya buat seukuran sedikit lebih kecil dari choco chips. Tujuannya agar ukuran nastarnya nanti seragam, tidak ada yang terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  2. Cara membuat kue nastar: Aduk butter dan margarin dengan garpu hingga menyatu (kedua bahan ini bila ingin lebih ekonomis bisa diganti dengan 200gram Bl*eband Cake & Cookie). Masukkan kuning telur dan vanili bubuk, aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan keju edam dan cheddar parut yang telah di oven, aduk rata. Kemudian masukkan gula halus, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak. Tambahkan emuplex, aduk kembali.
  4. Terakhir masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diayak. Hentikan memasukkan terigu bila adonan sudah dirasa cukup kalis.
  5. Ambil seujung jari adonan, bulatkan lalu pipihkan, isi dengan isian selai, bulatkan kembali dengan rapi. Lakukan hingga adonan habis. Susun dalam loyang yang telah diolesi margarin tipis tipis, beri jarak masing-masing ±1cm. Tidak perlu diberi polesan dahulu, langsung panggang adonan selama ±30 menit atau hingga benar-benar matang di dalam oven yang sudah dipanaskan ±180°c. Tetapi karena saya memakai oven tangkring dan tidak punya termometer, panas suhunya saya kira-kira saja, saya gunakan api sedang cenderung kecil.
  6. Setelah matang, keluarkan loyang dan dinginkan kue yang telah dipanggang minimal 1 jam. Setelah dingin, poles kue dengan bahan polesan, anginkan sebentar sampai polesan mengering, lalu poles kembali, anginkan kembali, lalu poles kembali (2-3x polesan). Panggang kembali kue selama ±5 menit. Tujuannya agar mendapatkan permukaan kue yang mulus tanpa retakan. Setelah 5 menit, angkat loyang, dinginkan kembali kue, lalu susun di dalam toples.
Tambah langkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar